Buku ilmu pengetahuan yang telah berkembang. Tanpa buku

Buku merupakanbahan bacaan yang akan memberi pembaca ilmu pengetahuan yang telah berkembang.Tanpa buku atau bahan bacaan ilmu pengetahuan tidak akan mungkin berkembang. Banyakorang berilmu yang telah membagikan ilmunya melalui buku. Budaya membaca memang memang sangat sulitdilakukan oleh masyarakt terutaman di Indonesia. Tapi sebagai orang tua yanggemar membaca buku diharapkan kegembaran membaca tersebut dapat ditulurkan keanak-anak. Memang benar hal itu tidak mudah butuh usah keras, sebab anak-anakakan melakukan suatu hal jika ia melihat apa yang orang lain lakukan.

Jikadirumah kedua orang tuanya suka membaca, mempunyai koleksi yang menarik,mempunyai rak yang mudah dijangkau anak maka seiringnya waktu anak tersebutakan gemar membaca. Membaca dapat meningkatkan kualitas hidup manusia sertaterhindar dari kebodohan. untuk membuat aktivitas membaca menjadi suatukegemaran, hal yang di miliki oleh seseorang adalah minat membaca. Bilaseseorang tidak memiliki minat membaca, maka seseorang tidak akan menjadi gemarmembaca. Setumpuk bahan bacaan yang disodorkan kepadanya, tidak satupun yangakan disentuh, apalagi dibaca. Hal ini juga terjadi pada anak-anak usia sekolah,dimana aktivitas bermain lebih mendominasi aktivitas kesehariannya.Membaca tidakbisa dilepaskan dari proses memiliki pengetahuan.

Dengan membaca, wawasanpengetahuan dan kecerdasan seseorang semakin bertambah luas. Seseorang maumembaca bila bahan bacaaan itu ada yang menarik hatinya, sehingga mampu merangsangotak untuk melakukan proses berpikir. Kebanyakan orang tidak mau melakukanproses berpikir, sehingga mengurangi minat untuk menyenangi aktivitas membaca.Jadi hal ini bukan karena orang tersebut tidak memiliki minat membaca, tetapikarena tidak menyukai proses berpikir dalam kegiatan membaca. Hal itulah yang mengakibatkansedikit sekali orang yang melakukan kegiatan membaca Syarat mutlatuntuk mengarahkan anak-anak agar gemar membaca adalah penyediaan bahan bacaan.Orang tua atau guru haruslah memilih bahan-bahan itu sehingga benar-benarmendidik anak kearah yang benar.