Pembelajaran cerpen, di sisi lain tulisan-tulisan politik hanya

Pembelajaranpolitik seringkali dianggap terlalu serius dan tegang sehingga anak-anak remajaenggan untuk mempelajari. Kuntowijoyo dalam hal ini menyajikan narasi politikyang dapat dinikmati oleh setiap kalangan. Ia menyajikannya dalam bentuk ceritapendek dengan menggunakan binatang sebagai tokoh.Kumcer(kumpulan cerpen) Kuntowijoyo kemudian diberi judul “Mengusir Matahari:Fabel-Fabel Politik”, dalam pengantarnya ia menceritakan kegelisahan seorangkoleganya yaitu Syafi’i Anwar, cerpen hanya dinikmati oleh pembaca cerpen, disisi lain tulisan-tulisan politik hanya dibaca oleh analis politik. Darisinilah Kuntowijoyo mendapatkan ide untuk membangun narasi politik yang dapatmenjembatani penikmat sastra sekaligus politik.

MengusirMatahari: Fabel-Fabel Politik merupakan karangan yang memuat kebijaksanaan dan sindiranpolitik. Tentunya agak berbeda dengan kebanyakan fabel yang ada dalam kebudayaanMelayu dan Jawa yang menjunjung moralitas dan etis.Fabel adalahcerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan olehbinatang, biasanya berisi pendidikan moral dan budi pekert.

Menurut pendongengsekaligus pendiri Kampoeng Dongeng, Awam Prakoso, “anak usia 4 tahun ke bawahlebih menyukai cerita yang bertema tentang materi–materi yang mereka tahu.Sedangkan anak usia 5 tahun lebih menyukai cerita fabel atau tentang superhero”(Setyanti, 2012 ). Serta pada umur 7-8 tahun anak berada dalam periode sintesefantasis, artinya segala hasil pengamatan merupakan kesan global, sedangsifatnya masih samar–samar, selanjutnya kesan–kesan tersebut dilengkapi denganfantasi anak, asosiasi dengan ini, anak suka sekali pada dongeng–dongeng, sage,mythe, legenda, kisah–kisah, dan cerita khayalan (Kartono, 2007).

Selain itucerita fabel juga dapat memberikan nilai moral untuk anak, mempererat hubungananak dan orangtua, serta menurut John Gray dalam bukunya Children are fromHeaven, membacakan cerita adalah suatu cara yang baik sekali untuk menyiapkananak yang gelisah dan tidak tenang, agar tenang dan dapat tidur dengan pulas.Serta membacakan cerita kepada anak sebelum tidur merupakan pemberian palingpenting yang dapat diberikan orangtua kepada seorang anak (Gray, 2001)Kisah dalam fabel yang dibuat olehpenulis mempunyai tujuan agar pembaca dapat mengambil pelajaran dan nilaipositif dari sebuah kisah selain tujuan untuk menghibur para pembaca. Nilaimoral yang kerap melekat pada fabel merupakan bentuk alegori kritis yangsubstansinya adalah menggambarkan fenomena kehidupan sosial masyarakat. Menggunakan tokoh hewan sebagaijembatan penyampai pesan dilatarbelakangi sejak kemunculan fabel pada tahunsekitar 6 SM.

Best services for writing your paper according to Trustpilot

Premium Partner
From $18.00 per page
4,8 / 5
4,80
Writers Experience
4,80
Delivery
4,90
Support
4,70
Price
Recommended Service
From $13.90 per page
4,6 / 5
4,70
Writers Experience
4,70
Delivery
4,60
Support
4,60
Price
From $20.00 per page
4,5 / 5
4,80
Writers Experience
4,50
Delivery
4,40
Support
4,10
Price
* All Partners were chosen among 50+ writing services by our Customer Satisfaction Team

Aesop sebagai orang pertama yang menulis kritiknya atasketimpangan keadilan yang terjadi pada masa itu di Yunani melalui transformasikarakter manusia kepada tokoh hewan. Storytelling adalah sebuah teknik menyampaikanpesan-pesan tertentu lewat seni bercerita. Sang pendongeng menyampaikan ceritadengan gaya, intonasi dan alat bantu yang menarik minat pendengar. Cerita yangdisampaikan terdiri dari berbagai macam, salah satunya bisa berbentuk sebuahcerpen.